GIE

“Sejarah dunia adalah sejarah pemerasan. Apakah tanpa pemerasan sejarah tidak ada? Apaah tanpa kesedihan, tanpa penghianatan, sejarah tidak akan hadir? Seolah-olah bila kita membagi sejarah, maka yang kita jumpai hanyalah penghianatan. Seolah-olah dalam ruang dan waktu kita hidup di atasnya. Ya. Betapa tragisnya. Hidup adalah penderitaan dan manusia tidak bisa bebas dari padanya…. Bagiku kesadaran sejarah adalah kesadaran akan hidup dan nilai-nilai. Memang hidup seperti ini tidak enak. Happy, is the people without history, kata dosen.” – Soe Hok Gie

GIE

Awalnya, lupa tahun berapa sih, nampaknya tahun 2007 awal-awal gue bisa main internet, pokoknya saat itu gue lagi naksir berat sama Nicholas Saputra karena ah entah gue lupa, mungkin karena dia ganteng (yang gadis SMP pikirkan). Terus gue iseng browsing. Eh nemu film-filmnya Nicholas Saputra. AADC, tapi entah pas film itu booming gue nonton atau engga, lupa dah gue. terus GIE yang gue hanya baca sinopsisnya aja tanpa lihat filmnya. Terus gue melupakan NIcholas Saputra hingga….

NOW, gue menghabiskan dua filmnya dalam satu malam. AADC dan GIE (tinggal 30 persen lagi lah film ini gue lahap). Tapi gue punya niatan entah besok atau kapan, gue akan mendalami film ini. Bayangkan aja gimana ribetnya gue harus melakukan dua kegiatan secara bersamaan. Ngerampungin LPJ pelatihan New MUTracks dan nonton film.

Intinya sih, menurut yang gue baca di internet, GIE ini mengisahkan tentang seorang tokoh bernama Soe Hok Gie, mahasiswa Universitas Indonesia yang lebih dikenal sebagai demonstran (kritis lebih tepatnya mungkin) dan pecinta alam, hobinya naik gunung. Sekilas dari apa yang udah gue tonton, ini film keren abis. Dari mulai settingnya yang mengangkat tema jadoel abies. Juga pemainnya yang sumpah dalem banget peran masing-masingnya. Apalagi Nicholas Saputra yang dapet banget tokoh GIEnya. Dari mulai kesan dingin dan pembangkang serta kritisnya, sampai ada beberapa pera yang swear I dont know apa namanya, yang jelas bikin gue melting dan mendadak pengen dicium sama Nicholas Saputra wahahaha. Kenapa sih tatapannya itu hangat banget hei kamu Mas? Tiap si Mas satu ini acting dengan lawan jenis yang perannya adalah sebagai cewek yang dia suka, dapet banget tatapan cintanya itu loh! Gue udah nonton dua filmnya dalam satu waktu dan gue nemuin tatapan yang sama ketika dia menatap Cinta saat dia jadi Rangga, dan tatapannya ke Ira saat dia jadi Gie. O em jeiii, what a proffesional handsome actor yang bisa menghayati perannya begitu dalam. Yang jelas, gue ngga bohong, gue jatuh cinta pake banget sama mas-mas yang satu ini!

Yang belum nonton film satu ini, wajib nonton. Meski film lama (2005) dan baru gue ulas bahkan baru gue tonton sekarang (dan gue kelihatan sangat kudet), kamu yang belum nonton harus nonton ngga mau tau! Dan aku yakin, kamu pun akan jadi ngga waras saking jatuh cintanya sama sosok ganteng dibalik peran Soe Hok Gie.

Regards,

Christamelia

 

Leave a Reply

