Inspirasi Datang Ketika…..

Hari ini, siang ini adalah siang yang membanggakan. Gue mendapatkan banyak hal ketika mengikuti kegiatan Temu Ilmiah Fakultas Pskologi Padjadjaran. Apa itu Temu Ilmiah alias Temil? Temil ini merupakan salah satu dari rangkaian Dies Natalis Fakultas Psikologi Unpad yang ke 53 dan… Temil, yang gue hayati adalah salah satu fasilitas yang sudah fakultas berikan untuk gue dan kawan-kawan lainnya mendapatkan suatu pengetahuan di dalamnya.

Pengetahuan apa aja sih? Di sini lebih banyak dibahas ke penelitian-peneliatian yang sudah dilakukan oleh dosen-dosen di Fakultas Psikologi Unpad, juga mahasiswa Fakultas Psikologi Unpad. Kebayang penelitiannya bakal sekece apa? Awalnya sih gue yang terkadang apatis memang menganggap ini adalah hal yang membosankan. Secara gue ngga suka banget tuh duduk saat dosen menerangkan materi (kecuali materi mengenai gender, sexuality, love, intimacy dan lain-lain yang notabenenya mengenai seksual dan cinta haha).

Tapi ternyata pikiran gue salah. Temil ini bukan hanya pembelajaran layaknya lecturing di kelas di mana hanya ada proses satu arah dari dosen ke siswa, dan baru dua arah ketika ada mahasiswa yang tanya, di Temil ini juga digunakan beberapa metode pembelajaran seperti poster session, presenting, workshop, pokoknya metode yang menarik deh. Dari sini gue jadi semakin aware dan bangga nih sama Fakultas gue dan segala isinya karena ternyata banyak banget research yang hanya dari fenomena sehari-hari, namun bikin kita jadi manggut-manggut ketika membaca hasilnya.

Kesalahan gue, tepatnya baru gue sadari ketika salah dua dosen gue (dua orang dosen maksudnya) menyampaikan mengenai menulis di media massa dan menulis di blog. Benar-benar inspiratif! Kenapa? Karena ini buktinya! Gue jadi tergugah untuk nulis di blog lagi setelah blog pertama gue “Amel si Kucing kiyuuutt” sudah lama ngga pernah gue buka karena lupa email dan password, dan GAGAL karena bener-bener ngga pake aturan banget.

Pertama, di blog itu gue masih menganut sistem yang penting cepet, COPAS. Ini memalukan. Tapi kan dulu gue masih polos, belum ngerti apa-apa hiksss. Kedua, gue masih menganut sistem “diary bocah” banget karena bahasa gue masih jelek banget alay yang aduuhhh ngga ngerti dah gue gimana harus ngejelasinnya. Dan terakhir, gue lupa password dan email yang gue pake pas bikin blog itu.

Setelah masa-masa menulis hal yang antah berantah ngga jelas itu di blogspot, gue mulailah membuat diary online lagi dan kali ini dengan tumblr. Gue masih sering curhat di sana hingga kini, karena seperti kata Mba Fitri Ariyanti bahwa menulis blog itu adalah salah satu cara untuk terapi emosi, jadi sah-sah aja kalo kita ngegalau di blog. Btw ini tumblr gue, yang memiliki judul yang sama dengan blog ini >> “Anything I Want” << Isinya ngga jauh dari keluhan-keluhan gue tantang hidup yang tanpa pacar dan tentang hidup yang mencengangkan. Kalo penasaran buka aja ya, jangan malu-malu hahaha.

Back to the  topic, di materi bersama Mba Fitri ini gue mendapatkan inspirasi lagi untuk menuai karya. Yaa… Curhat sih masih pasti, tapi blog gue akan gue penuhi dengan cerita-cerita buatan gue as cerpen, puisi, atau tulisan yang bermanfaat. Di kelas, walaupun awalnya gue ngantuk parah, tapi gue melek ketika Mba Fitri dengan menariknya menyampaikan isi blognya, dan bagaimana kita bisa membuat tulisan dengan gaya kita tapi juga bisa dinikmati oleh semua orang. Dan seketika, inspirasi untuk menulis dan untuk sukses dengan tulisan itu pun datang kembali. Terima Kasih Mba Fitri!

Di sini gue semakin sadar, kalau gue bener-bener bukan orang yang bisa berdiri sendiri. Gue banyak menggunakan temen-temen gue dan orang lain untuk menggerakkan gue. Kalo gue males belajar, degan gabung sama temen gue, akhirnya gue belajar. Lihat temen gue sukses, gue juga tergugah untuk melakukan hal yang sama. Temen beli yang lucu-lucu, gue jadi lebih beli yang lucu-lucu. Anyway, itu ngga salah asal ngga menyika yaaa 🙂 hhiihiiiww

Akan kemanakah nantinya kita mencari inspirasi? Ngga perlu sampe ke ujung dunia, karena ujung dunia pun di mana gue juga ngga tau deh. Yang pasti dunia itu bulat kan? Ngga berujung dong? hahaha *intermezzo* dan camkan ini, inspirasi itu datang dari mana-mana, so, jangan takut ketika tiba-tiba otak kamu buntu akan inspirasi!

Leave a Reply

