Peri Psikologi 2015

Anyyyoonggg!!!! 

Malam ini gue akan menjelaskan mengenai kepanitiaan yang seringkali gue sebut di postingan-postingan gue. Peri Psikologi.

Kebanyakan manusia yang mendengar kata ‘Peri Psikologi’, seringkali membuat ini menjadi sedikit jokes yang berawal dari kebingungannya mengenai apa itu ‘Peri Psikologi’, seperti, “Peri? Yang terbang itu?” atau. “Apa tuh? Semacam peri di fairy tale?” Well, hati kami memang sebaik dan selembut Tinkerbell, tapi bukan. Peri Psikologi sesungguhnya adalah singkatan dari “PEngajar daRI Psikologi”, yang merupakan salah satu program kerja dari BEM Fakultas Psikologi Unpad.

Karena namanya pengajar, bisa ditebak dong kegiatan-kegiatan kami apa aja? Mengajar tentunya! Sekolah yang menjadi sasaran kami adalah SDN Talagamukti, di Desa Jatiroke, Jatinangor, Sumedang. Jaraknya dari kampus Unpad, yaa lumayan jauh sih. Dari jalan utama masih harus masuk lagi sekitar…. ah gue ngga bisa memperkirakan jalan. Sekitar 15 sampai 20 menit naik angkot lah. Pokoknya jauhnya bikin kaki gempor deh kalau jalan mah.

Gue sudah bergelut di dalam Peri tahun sebelumnya, dilanjut tahun ini. Kalau tahun sebelumnya kami mengajar anak kelas 3 dan 4 SD, tahun ini kami mengajar anak-anak yang lebih unyu lagi. Kelas 1 dan 2! Sumpah lucu-lucu banget! Mereka masih kecil gitu looohh. Masih polos. Gigi-giginya masih kecil-kecl, dan banyak ompongnya haha. Ngga percaya? NIH!

IMG_1881

Ini adik-adik kelas 1 yang sedang belajar mengenal huruf.

JANGAN SAMPE GUE DIABETES LIHAT INIII!! MEREKA MANIS BANGEETTTTT <33

JANGAN SAMPE GUE DIABETES LIHAT INIII!! MEREKA MANIS BANGEETTTTT <33

Kalo ini kakak-kakaknya nih! Adik kela 2 <33

Kalo ini kakak-kakaknya nih! Adik kelas 2 dan kakak-kakak Peri <33

Ada 38 kakak Peri unyu dan akan gue kenalin satu-satu yeesss! 38 orang di sini terdiri dari 26 panitia dan 12 volunteer teacher. Mereka ini luar bisa banget btw, termasuk gue, karena mereka mau menyisihkan tiap sabtunya untuk menemani adik-adik kelas 1 dan 2 belajar. Panitia juga kebangetan luar biasanya! Mereka (lagi-lagi termasuk gue) sudah mempersiapkan ini sejak 7 bulan yang lalu.

Okay ini dia mereka! Jengjengggg….

POers (Sang Project Officer)

Sule dan Rifda. Btw, bukan sule pelawak ya, bukan juga sule susu kedele, tapi dia si Elda SUci LEstari, salah satu PO yang membantu panitia menjalankan kegiatan. Sule ini teman seangkatan gue. Satu lagi, Rifda si kecil wakakak doi polos banget btw._. dari tatapannya, kalau dia lagi merhatiin orang haha lucu deh. Rifda ini angkatan 2014.

IMG_1764

Ini dia Kakak Rifda!

IMG_2771

Mungkin Kakak Sule lelah :”)

Ibu Peri

Nah. Ini dia leader kami! Si Ibu Peri, Andari a.k.a Empok a.k.a Agen A. Doi ini yhaaa. Kalo mau dijelasin panjang lebar bisa dua hari ngetik tanpa henti guenya haha. Doi sosok pemimpin yang keren menurut gue. Terstruktur dan bisa menempatkan diri, juga bisa ngingetin gue. Namanya juga manager! Haha. Tampangnya sih jutek abies! Tapi kalau udah ngajar…. Lihat sendiri deh!

Nih sampek dempet-dempet gini ngajarnya. Bukti doi udah deket sama anak yang diajar, Linda adik kelas 2.

Nih sampek dempet-dempet gini ngajarnya. Bukti doi udah deket sama anak yang diajar, Linda kelas 2.

IMG_0940

NIH mukanye! Seneng amat sih difoto ._.

Sekretaris

Peri Psikologi punya dua sekretaris kece lohhh. Lita dan Hauna. Mereka ini nih yang bertugas mengurusi administrasi dari mulai notulensi sampai proposal kegiatan di Peri Psikologi. Jadi jangan heran ya, kalo kakak sekretaris ini rapih dan sistematis orangnya! Oh oh oohhhh…. GAWAT! Sebentar lagi ditagih el pe jeeee!!! (scream)

Ini dia Kakak Lita lagi ngajarin Raffi

Ini dia Kakak Lita lagi ngajarin Raffi membaca ^^,

IMG_7797

Ini Kakak Hauna lagi sama adik kelas 2 ^_^

Human Resources

Dilahirkan oleh Mamih Rifqa, ini dia anak-anak HR!

page

Kiri ke kanan atas: Rifky, Indri, Pepi. Kiri ke kanan bawah: Meilia, Angel.

HR ini bertugas untuk mengurusi tetek bengeknya mengenai pengajar di Peri. Dari mulai seleksi volunteer teacher, workshop pengajar dan guru, pokoknya kebutuhan anak akan pengajar seperti apa yang mereka butuhkan, semuanya HR yang ngurus. Mamihnya kayak gimana ya btw?

Ini dia si Mamih HR!

Ini dia si Mamih HR!

Kurikulum

Ini dia divisi paling crucial di Peri Psikologi. Tanpanya, Peri ngga mungkin bisa ngajar. Kenapa? Karena tugas kurikulum adalah membuat silabus yang isinya keseluruhan materi ajar beserta media, sampai waktu mengajar! WOW!

cats

Atas, kiri ke kanan : Risa, Lia, Popy. Bawah, kiri ke kanan: Kiky, Cibi, Dzikri.

Gila gila! Badai ngga siihh?? Mau tau bentuk Mamihnya gimana? NIH!

Ini dia Mamih Suci! ^^,

Ini dia Mamih Suci! ^^,

Support System

NAH NAH Support system adalah divisi yang merangkap kerja konsumsi, dokmentasi, dan transportasi. SS, panggil saja, intinya mah penyedia barang. Butuh angkot, kita kasih! Butuh fotokopi, kita sediain! Butuh pacar????? Minta sama Yang Maha Kuasa ya wkwkwk :”))

Ini nih ini! Sumpah kece nih! Anak-anak SS yang gila abies! Ngga bisa diem, ampek gue capek ngakak sendiri kalau ngumpul sama mereka :”))) Oiya. Ngomong-ngomong, SS ini Mamihnya gue, jadi gue tau semua tabiat buruk anak-anak SS. Dari mulai yang paling diem, tapi diem-diem suka curcol, sampek yang bawel dan curcol mulu juga ada! Nih nih rupa-rupanya. DI salah satu postingan gue, pernah juga gue kenalin bocah-bocah ini, tapi hanya sekilas. Ini dia si peak-peak anak SS!

cats ss

Atas, kiri ke kanan: Lidya, Titik, Rahma. Bawah, kiri ke kanan: Iis, Aris, Meidina.

Tapi ada yang berubah nih dari foto yang di atas. Jeng jeenggg….

IMG_2572

Subhanallah kan, kakak satu ini :)))

Anak SS yang super kece, kenapa lagi kalau bukan karena Mamihnya yang kece dan nyentrik juga? Penasaran sama Mamihnya? Ini nih!

SONY DSC

Yeahhh!! This is MEEE! Mamih kesayangan anak SS ❤ Dan adik kecil yang lagi senyum itu namanya Widiya. Widiya habis direkam gitu, terus kita sama-sama lihat hasil rekamannya. Yipps!

Volunteer Teacher

Dannn… Selain kakak-kakak panitia yang mempersiapkan semuanya sejak awal, ada juga nih kakak volunteer teacher, yang membantu Peri sebagai pengajar selama proses pembelajaran tiap sabtu. Kakak-kakak VT juga membantu merancang metode dan media pembelajaran sebelum hari H mengajar.

Volunteer Teacher

Atas, kiri ke kanan: Socha, Rizal, Gida, Zian. Tengah, kiri ke kanan: Elsa, Tewe, Andini, Putri. Bawah, kiri ke kanan: Audi, Resy, Gadis, Nana.

Dibalik keseruan kami, segala yang kami berikan ke adik-adik, ngga lepas nih dari bantuan orang di belakang layar yang keren abies! Beliau yang membantu kami menyusun segala hal mulai dari assessmen, penentuan metode, intervensi anak, saran pengajaran, daaann apapun tentang anak yang kami ampuh.

IMG_1452

Ini dia mbak Fitri, dosen pembimbing kami 🙂 Moment penjepretan ini diambil saat opening. Nah, yang salaman sama mbak Fitri ini kepala sekolah SDN Talagamukti.

Ini dia sedikit perkenalan dari kami, Peri Psikologi 2015!

Semoga apa yang kami jalani se-lama ini membawa kesan dan pembelajaran buat adik-adik yang kami ajar, dan semoga tujuan Peri Psikologi yang sudah kami canangkan jauh-jauh hari tercapai aamiin 🙂

Buat kakak-kakak Peri, semangat terus ya! ❤

Peri Psikologi 2015? WE LEARN, WE CHANGE!!!

Testimony(et):

IMG_7293

Yang sehati? Ada!

IMG_9196

Ini anak apa sih? Lol heeee ._.v

IMG_7722

Salah satu media belajar yang dibuat oleh Kakak Putri ^^

IMG_2271

Pagi yang hectic.

IMG_7750

Yang digoyang digoyang yaaaang~~~ Ini dia ice breaking kesenangan adik-adik. “Kingkong.”

Reward chart. Metode yang kami gunakan untuk adik-adik dengan menggunakan prinsip

Reward chart. Metode yang kami gunakan untuk adik-adik dengan menggunakan prinsip “positive reinforcement” supaya makin semangat belajarnya ^^,

IMG_7006

Evaluasi mengajar pertama ^^,

Dapet salam nih, dari Widiya :”)

http://mukakeroppi.tumblr.com/post/132721840482/kakak-ajarin-aku-dong-dadah-kakak-widiya

***

all photos and video captured by SS Peri 2015 ❤

Advertisements

2 thoughts on “Peri Psikologi 2015

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s