My Little Journey, Passion Of Mine.

Gue tidak berniat sedikitpun untuk melakukan kilas balik terkait ini, keluarga yang gue sayangi. Bukan semata-mata karena orang di dalamnya, bukan. Tapi karena gue tahu ini adalah sebuah kesenangan. Bukan, lebih dari itu. Ini adalah “Passion”. Gairah yang memberi gue kekuatan untuk bertahan hingga sejauh ini. Menjadi bagian dari RadioMU (Radio Mahasiswa Unpad) adalah sebuah takdir yang tidak pernah gue sesali. Sampai kapanpun.

RadioMU bukan suatu badan yang memberi materi, bukan. Lebih dari itu, di sini gue dapet lebih dari sekedar materi. Teman yang satu takdir dengan gue. Sama-sama masuk, menjadi bagian dari ini. Teman yang dengannya gue ngga akan pernah lupa, sekalipun mereka dan gue sudah terpisah jarak dan waktu, tidak lagi bertatap raga, bahkan tidak menghubungi satu sama lain.

Gue tetap ingat bagaimana bahagianya gue ketika gue mendapatkan kebanggaan ini. Menjadi anggota RadioMU. Gue kadang lebay, memang. But trust me, at this time i’m not. Gue mencintai RadioMU sepenuh hati, bukan karena RadioMU yang meminta, tapi karena gue yang memilih RadioMU.

Meski ada gonjang-ganjing naik turun mood, gue tetap bagian dari RadioMU dan terus begitu.

Gue akan menceritakan kisahnya, dari awal, hingga masa kini, sekarang.

Pertama, gue merasa sangat bersyukur karena sebelumnya gue sama sekali tidak terpikir untuk masuk Radio (gue sama sekali tidak tahu kalau di Unpad ada komunitas Radio) hingga akhirnya gue tahu dari teman seangkatan gue di Fapsi, Anggi namanya, kalau dia mau mendaftar ke Radio Mahasiswa Unpad. Dan betapa gue bahagia, excited banget, sehingga pada hari itu juga gue memutuskan untuk mendaftar.

Pergi ke warnet malem-malem, saat itu gue benar-benar was-was karena internetnya lama, ditambah hari itu adalah H-1 pendaftaran. Gue semakin panik. Tapi beruntung, akhirnya gue berhasil mengisi dan mengirim formulir pendaftaran dengan selamat. Selanjutnya, gue pergi ke kost teman gue, named Octa untuk membuat sample voice ala-ala siaran program RadioMU gitu. Oh. Sebelumnya, gue kepoin dulu program-program yang ada di RadioMU yang akan gue jadikan template tema sample voice gue, karena persyaratannya waktu itu adalah pendaftar diminta untuk membuat sample voice opening siaran program RadioMU.

Nah! Akhirnya gue menemukan program yang menurut gue, program ini gue banget! Heart to Heart! Beberapa kali gue ngerekam sambil ngakak bareng Octa di kamar kostnya. Betapa gue malu mendengarkan suara gue sendiri, saat itu. Akhirnya, sampailah pada rekaman ke-sekian yang gue rasa cukup bagus. Mau denger? Ini nih. Persiapkan diri kalian untuk mendengarkan gaya siaran gue yang…. Pokoknya kalo lo ngga kuat iman, gue pastikan lo akan menertawakan gue.

http://mukakeroppi.tumblr.com/post/133203181905

Tau ngga? Untuk membuat sample voice sampai mengirimnya ke email RadioMU, butuh perjuangan yang keras! Bayangkan! Gue harus mengubah format rekaman menjadi MP3 sedangkan gue dan Octa sama sekali tidak memiliki aplikasi convert audio. Tapi gue ngga frustasi. Berkali-kali gue ke warnet, menelusuri setiap warnet yang gue temui dan menanyakan apakah di warnet itu ada aplikasi “apapun itu namanya” yang berfungsi untuk mengubah format audio. Ngga ada. Satupun.

Gue tetap ngga patah semangat! Lalu, untuk mencari informasi mengenai aplikasi convert audio ini, gue update status facebook (Thanks God, media sosial satu ini pernah hits beberapa tahun yang lalu), menanyakan ke teman di facebook nama aplikasi yang bisa convert audio.

Jeng jeng jeeeng! Ada yang komen! Mirza! Temen SMA gue. Suwun pisan Mirzaaaa! Dia komen nama aplikasinya, yaitu format factory. Segeralah gue keliling mencari warnet lagi, menanyakan adakah aplikasi format factory. Ngga ada juga.

Akhirnya… Dengan kekuatan sambaran kilat, gue ke kostan Octa lagi untuk numpang download aplikasi format factory. Deg degan banget gue ngga bohong, karena hari itu adalah hari terakhir pengiriman sample voice, dan gue tak ingin melewatkannya.

Success! Aplikasi berhasil didownload dan diinstal! Rekaman segera gue convert to MP3, dan ngga pake lama, gue langsung kirim.

Selain mengirimkan sample voice, persyaratan lainnya adalah mengirimkan CV kreatif, langsung ke sekre RadioMU. Gue mengirimkan CV di hari H terakhir mendaftar. CV yang gue buat sangat simple dan biasa aja, karena memang dibuat H-1 penutupan pendafaran banget, juga karena gue tidak bisa memakai aplikasi editing visual selain photoscape.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Bayangkan ini dibuat dengan photoscape._.

Sampailah pada tahap kedua, tahap wawancara, dimana saat itu gue lagi PMB di fakultas. Pulang PMB, gue langsung pergi mencari di mana sekre RadioMU. Saat itu, gue dianter dan ditemenin Arda, temen gue satu angkatan di Fapsi. Gue lupa bagaimana ceritanya dia mau mengantar gue, menjadi saksi perjuangan gue. Pokoknya, jaman PMB memang anak lelaki di Fapsi diajari untuk bertanggung jawab kepada teman perempuannya. Mungkin itu yang dirasakan Arda. Dia harus bertanggung jawab atas keselamatan gue, dan kebetulan juga kami satu asrama ketika itu.

Gue lupa rasanya, deg degan mungkin. Tapi gue berhasil melewati semua. Pertama, gue bertemu Kak Ashel, yang mewawancarai gue terkait pengetahuan gue tentang Radio secara umum dan RadioMU, lalu gue ke post selanjutnya dimana gue ditest pengetahuannya akan musik, dan bertemu Kak Lutfi, Kak Pasha, Kak Fathia, dan beberapa lagi gue lupa. Deg degan banget, gue yakin banget gue deg degan saat itu. Penampilan gue koplak abies, ngga gaul abies lantaran habis ospek, dengan kemeja lusuh dan rambut dkuncir kuda. Ciut gue, karena mereka kelihatan gaul-gaul banget. Tapi mereka berhasil membuat suasana di hati gue mencair, dan wah mereka berhasil membat impresi positif ke gue bahwa ini loh anak radio. ASIK!

Tahap wawancara selesai, tibalah saat pengumuman. Gue disms, diucapkan selamat telah diterima, intinya. Gue seneng banget bukan maiiinnn! Gue satu-satunya anak Fapsi yang masuk RadioMU saat itu. Oiya. Btw, Anggi yang mendaftar terlebih dahulu hingga akhirnya membuat gue mendaftarkan diri, tidak ikut wawancara, sehingga gugurlah dia. Back to the topic, gue senang bukan main!

Tanggal berapa gue lupa, kami para MUTracks (sebutan untuk penyiar RadioMU), dikumpulkan dalam satu tempat, diperkenalkan secara langsung. Dan momen yang paling gue ingat adalah, ketika senior minta anak baru untuk menjadi ketua makrab, gue lah yang pertama kali mengacungkan tangan gue, menunjuk diri gue sendiri. Majulah dua orang lain yang juga mengangkat tangan. Lalu kami diminta untuk mempromosikan diri kami di hadapan teman-teman seangkatan kami lainnya. Dilakukan voting, terpilihlah Kak Ridwan sebagai ketua makrab angkatan kami, dan gue sebagai sekretaris.

Sebelum makrab, kami mengikuti pelatihan tentang kepenyiaran. Ada pelatihan produser, reporter, announcer, music director, dan ditutup dengan kunjungan ke 99ers. Sayangnya, gue ngga bisa ikut yang terakhir, karena ada TPD Fapsi Unpad yang merupakan rangkaian dari APM.

Lalalala yeyeyeye, akhirnya makrab tiba! Daaan seru banget dari persiapan hingga akhir suwer seru! Benar-benar membuat kami akrab! Di sana kami diperkenalkan secara langsung ke senior dan angkatan kami sendiri khususnya. Oh! Disajikan juga sebuat video created by Alit dan Kak Hani untuk angkatan kami, angkatan 3 Radio Mahasiswa Unpad. Lagi. Aku sangat merindukan kalian, guys..

Dilanjutlah dengan keputusan tak terduga, kalau kami harus menginap lantaran besok ada pelantikan kami sebagai new MUTracks dan GM (General Manager) baru. Gue langsung setuju untuk menginap. Dan benar saja, luar binasa seru! Kami nonton film horror Thailand, 3 A.M judulnya. Terus gue tidur berbagi alas dengan Kak Tifa, GM saat itu (sebelum besoknya turun).

Keesokan harinya, gue bangun dengan perasaan menyenangkan. Sambil menunggu perwakilan BEM datang, kami cerita-cerita banyak hal yang seru! Pokoknya dari malam sampai pagi, kami ngga berhenti cerita deh, kecuali pas tidur aja. Ceritanya seputar.. mm banyak banget! Tentang yang horror-horror di Unpad, tentang lagu-lagu dan tari-tarian yang saat itu juga langsung kita tonton dan tiru bareng-bareng, banyak deh.

Terus kami dilantik, ditandai dengan penyerahan surat keputusan dan penyematan pin RadioMU. Oiya. Sebelumnya kami main-main dulu di lapangan ex-kopma. Kami main niru gaya gitu, dan benteng-bentengan. Seru abies!

Dannn, pulangnya, kami beli sarapan di Ciseke Besar, depan kost Sabar Subur 2, padahal waktu itu sudah siang, jam 10an kalau ngga salah. Terus kami lanjut makan sambil cerita-cerita deh.

Kegiatan ini sangat berkesan buat gue. Sangat menyenangkan.

Sekarang, sudah dua tahun gue bergabung di RadioMU. Banyak banget pengalaman yang gue dapet. Dari mulai dapat ilmu saat pelatihan, dapat ilmu berorganisasi, pengalaman langsung siaran dan talkshow pula, dan yang ngga kalah penting adalah belajar menjalin relasi dengan banyak orang, karena lewat RadioMU, gue dapat mengenal orang-orang hebat yang pengalamannya banyak, mengenal rekan-rekan dari FRKB (Forum Radio Kampus Bandung), daann pokoknya lewat sini teman gue semakin banyak deh.

Gue ngga tahu lagi dengan cara apa gue mengungkapkan rasa cinta dan kasih gue untuk keluarga gue satu ini, saking gue sayang dan tidak ingin kehilangan. Jujuuurr, ngga mau banget pisah. Dan rasanya tuh ingin selalu kembali ke masa saat bareng-bareng waktu persiapan makrab sampai hari H makrab, waktu siaran terus ditemenin, waktu rapat, waktu gathering. AAAAAAA I missed the moments sooo much. Bukan momen aja sih sebenernya. Orang-orang di dalamnya pun, gue sangat merindukan mereka.

Testimony(et):

IMG-20131129-WA0001

Makrab Radio Mahasiswa Unpad angkatan 3, November 2013. Masih ramai :”)

1404494287398

Survey persiapan Goong! Get Along On Gathering! di Lisung, Dago. Acara ini sangat menyenangkan, btw. Thanks for Kak Ali selaku Ketua pelaksana, juga para panitia, daan para peserta dari FRKB (Forum Radio Kampus Bandung) ❤

 

1405168442979

Kangen Kak Widya bangeeettt! Teman siaran “untuk pertama kali”, waktu MUTracks angkatan 2013 dikasih kesempatan buat latihan siaran. Terus temen yang deket waktu pelatihan, sampe pernah pulang malem banget demi memenuhi hasrat ngobrol, bareng Kak Ali dan kak Fajar juga.

IMG_2013

Nih RadioMU bareng anak-anak FRKB saat acara Goong di Lisung, Dago, 15 Juni 2014. Di mana gue? Gue lagi beresin layar dan proyektor 😦

1408498473985

Student day PRABU 2014 ❤ Dari mulai persiapan, terus buat proposal oprec lalu membuat hal yang memalukan, sampai berakhir di foto ini, gue ingat semua! :”)

1412379627617

Setahun yang lalu… Saat pelatihan New MUTracks angkatan 4. Gue merindukan ini, serius. Walau dulu mikirnya lelah, letih, lesu, tapi ini adalah suatu pengalaman hebat yang ya ampun banget deh!

Picture2

Nah ini juga waktu pelatihan New MUTracks 2014 nih, bareng DJ Arie, yang permainan sambung kata itu. Seruuuu!

1412379531435

Ini waktu ulang tahun Rase, yang berujung kami jalan-jalan ke Lembang teru makan di atas bukit. Nama tempatnya apa ya lupa deh._.

DSC_0044.JPG

Ini waktu kami mubes sekaligus gathering pertama di kepengurusan tahun 2015. Suegerrrr!

http://mukakeroppi.tumblr.com/post/133602480487/radiomu-goes-to-pangjugjugaaannn

1412380376401

One of special moment I loved. Already missed you both! Jarang kan ada momen bareng sama yang udah kolot? haha. Pake ada insiden ngeluarin uang 15rb buat ngerjain si penakut banci lagi hiiihhhh xD 

1402106209051

Penyematan IPAD sebagai program of the month! Yippyyy. Me, as producer, lalu Alit, Kak Ali dan Kak Fajar sebagai announcer. Tapi sayang Kak Fajarnya ngga ada hikkss.

1425397843817.jpg

Gue sangat suka formasi ini, sejujurnya.

http://mukakeroppi.tumblr.com/post/133603049754/kebanggaan

 

Apapun jadinya kita nanti…

Seberapapun jauh dan berbedanya kita nanti…

Ini bukan hanya sebuah kenangan…

RadioMU, lebih dari itu, akan mengerak dalam kognisi juga afeksi…

Regards,

Me. 

Status: Officially MissingMU 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s