For A Better “A” Means “Attitude” As A Leader

Well… Gue sering sekali cerita di sini, membuka segala rahasia terdalam gue di diary pribadi gue ini, dan membiarkan semua orang menikmati cerita gue, bahkan kegundahan.

Terima kasih semuanya. Gue merasa sangat terapresiasi dan tersalurkan keinginan gue untuk dapat memberi suatu tonjokan, bagi siapapun. I mean, tonjokkan di sini bukan sesuatu yang negatif ya. Harapannya bisa memunculkan sesuatu dari perspektif yang berbeda.

I’ve learned much today. How to communicate anything with others (again) and how to stay cool with a good attitude. 

Gue pribadi bukan orang yang mudah mengungkapkan pendapat gue, apalagi jika tidak didasari banyak data. Sehingga…. Gue mencari ke segala penjuru “apa sih yang terbaik buat ini?”

Dan gue menemukan sesuatu pelajaran, yang sebenarnya sudah gue ceritakan. Data yang banyak, ngga akan tersampaikan dengan baik kalau kita tidak mengomunikasikannya dengan benar. Data yang kurang pun, walau berhasil dikomunikasikan dengan benar, ngga akan mendukung.

Mereka berdua saling bekerja sama. Lucu kan kalau orang jadi tong kosong nyaring bunyinya? Pun kutu buku?

Komunikasi penting lebih dari apapun. Keterbukaan juga. Meski katanya, “ada satu hal yang perlu lu umbar hanya pada orang tertentu saja, ngga baik kalo yang lain tau.” Dan nyatanya ini juga bukan informasi gue hamil di luar nikah kan? So… I know.. I absolutely know the limits. Tapi gue masih belajar.

Gue masih belajar untuk tidak selalu menggunakan feeling. Trust me, gue sangat mencoba untuk itu.

Yang gue dapatkan dari hari ini adalah… yang terpenting adalah bagaimana gue bersikap. Bukan yang ideal. Karena menurut gue pribadi, segala sesuatu yang ideal itu hanya ada di kepala sendiri. Belum tentu orang lain juga mempersepsikan hal yang sama bukan?

Seorang pemimpin harus fleksibel, sebisa mungkin untuk dapat down to her/him staffs. Jadi… sikap ngga bisa saklek harus A or B kan? Atau harus iya?

Yang jelas…

  1. Tegas
  2. Percaya diri

Harus punya.

 

Leave a Reply

