How to Improve English Skills

HAI! Ini postingan gue yang pertama terkait aksi yang akan gue jalani demi tercapainya salah satu resolusi gue di tahun 2016. Jajaran resolusi yang gue canangkan sebelumnya sudah gue posting dengan judul Resolusi 2016. Di sana ada tujuh daftar keinginan-keinginan yang ingin gue wujudkan. Harus gue wujudkan sih! Yeah! Masih di awal, tekad masih kuat. Semoga sampai akhir ngga kendor, aamiin.

Gue sudah berjanji pada diri sendiri bahwa gue mau ngga mau harus mewujudkan apa yang sudah gue tulis. Gue sudah berani membuat resolusi, sampai disebar pula, itu berarti secara langsung ada mata yang mengamati gue, menunggu hasil dari resolusi yang gue buat, apakah tercapai atau engga.

Apa yang harus gue lakukan?

Gue perlu membuat perencanaan. Tanpa perencanaan, hidup kita bak berjalan hanya di atas tali. Ngga ada yang bisa kita lakukan selain berjalan lurus. Makanya kita butuh perencanaan agar kita tahu how to realize what we want to get, how to achieve our plan. Action plan. Gue harus menyusun action plan, juga indikator agar gue tahu cara menjalankannya dan tahu seberapa jauh keberhasilan yang gue dapat.

Action plan yang gue buat ini khusus untuk resolusi gue nomor 6 yaitu English ImprovementSo, how to improve english skills?

how to improve english skills

Jawabannya cuma satu: PRACTICE.

Seperti memasak, naik sepeda, siaran, atau skil-skil lainnya, dalam meningkatkan skill bahasa inggris juga harus banyak-banyak praktiknya. Theory without  practice is like a birds can’t fly. Dia punya sayap, tapi ngga bisa terbang. Tapi bukan berarti dia ngga bisa. Mungkin dia baru lahir, newbie, mungkin sayapnya patah, dia butuh recovery.

Sama seperti kita, seorang manusia yang harus berajar biar bisa. Learning is all about practice. Teori untuk pegangan perlu banget, tapi ngga afdol, ngga sempurna kalau kita ngga pernah praktik, mencobanya secara langsung.

Untuk bisa mempraktikkan ke-empat skil bahasa inggris gue, gue sudah menemukan banyak cara. Pada akhirnya akan otodidak, sih. Tapi gue yakin bahwa ini akan kepake banget, khususnya buat gue sebagai penulis. Siapa tau gitu gue bisa bikin novel plus plus isinya bahasa inggris semua haha.

READING

Sebelum bisa menuliskan kata, kita harus bisa membaca dulu. Dengan kita membaca, pastinya kita punya bayangan akan tulisan yang akan kita buat. Gampangnya, ketika kita baca, kita bisa tahu apa isi teksnya kan? Syukur-syukur bikin reviewnya.

Oke. Gue akan membaca dan membuat review minimal satu artikel berbahasa inggris setiap dua minggu sekali. Action plan numb. 1. Artikelnya bebas. Sebagai bukti, gue akan membuat postingan berisi artikel dan reviewnya (dalam bahasa indonesia) di blog gue ini, dan gue share ke beberapa akun media sosial gue, seperti biasa.

Yang ngga kalah penting dari pemahaman membaca adalah tahu arti dari setiap kata dalam bacaan yanggasih? Itu sebabnya, gue juga harus memperkaya vocabulary. Gue akan mencatat kata yang bagi gue asing, ditambah dengan artinya. Action plan numb 2. Sebagai bukti, dalam postingan artikel gue akan gue tambah dengan catatan tambahan vocab yang gue dapat.

Harapannya, dengan gue melakukan dua hal ini, daftar vocab yang gue pahami bertambah, dan kemampuan membaca gue meningkat.

WRITING

Gimana caranya menulis yang baik dan benar kalau kita ngga paham pola kalimatnya? YAPS! Gue harus memperkaya tenses dong? Gue harus seriously belajar grammar kan? Oke. Gue akan membuat catatan besar tentang tenses, dan pola-pola tertentu seperti adjectives, noun, verb, etc. Action plan numb 3. Polanya, akan gue pelajari lewat satu web belajar bahasa inggris yang bagus dan lengkap banget yaitu http://www.learnenglish.de/

Bukan cuma masalah grammar, we can also improve our speaking and listening skill. Web ini akan sangat membantu gue dalam belajar yeah!

Gue akan membuat catatan pola dalam kertas yang besar, dan akan gue tempel di tembok kamar gue. Sambil menghapal dan memahami, gue akan buat satu tulisan full in english setiap satu bulan sekali yang akan gue post dan share. Tulisannya berupa apapun. Puisi, cerita, apapun.

LISTENING

To improve my listening skill, I’ll use two best english learning websites to learn, yaitu duolingo dan swearlineDua ini keren banget! Selain design web yang menarik, kita juga bisa langsung mengetes kemampuan listening kita.

Kalau di duolingo, ngga terbatas bahasa inggris aja, tapi juga bahasa-bahasa lain. Semua bahasa asing. Di duolingo juga kita bisa belajar mengasah seluruh kemampuan kita, karena exercise yang diujikan memang improve seluruh kemampuan berbahasa kita. Belajar di duolingo seru banget! Ngga cuma tulisan yang kita tahu, cara membacanya juga secara otomatis terdengar ketika kita memilih jawaban.

Di duolingo juga ada sistem leveling dan koin. Bikin makin semangat buat belajar kan?

Selanjutnya di swearline, kita belajar kata yang rada-rada, dalam arti kasar atau umpatan-umpatan gitu lah, yang bisa dipakai di semua tingkatan (wajar), sampai yang offensive. Di sini kita belajar penggunaan kata yang tepat deh pokoknya.

Kalau denger swearline, gue bawaannya ngakak sumpah. Gue baru dengar dua episode sih. Apalagi yang bikin gue ngakak selain sesuatu hal yang berbau seks? Nah. Di swearline ini kita jadi tahu istilah-istilah yang medalam mengenai seks. Ini di episode satu dan dua ya. Sisanya gue belum denger.

Yang paling bikin ngakak sih karena ada dua host yang membawakan talkshow gitu. Pokoknya pembahasannya seru deh! Rame!

Untuk tahu kita paham atau engga sama pembahasan dan istilah-istilah yang dipakai, ngga perlu khawatir! Di sini ada test yang langsung dinilai kok. Sabi banget buat kamu yang mau belajar!

Untuk ini, gue akan membuka akun duolingo gue dan mengerjakan exercisesnya setiap hari hingga melebihi terget yang gue cantumkan, yaitu lebih dari 30 XP. Action plan numb 4. XP itu poinnya gitu deh.

Selanjutnya, gue akan membuka akun swearline dan mendengarkan audionya sambil mencatat kata dan arti dari kata yang asing bagi gue dan mengerjakan soal yang ada. Hanya satu audio dalam satu bulan, karena panjang audionya hampir satu jam, lumayan memakan waktu.

SPEAKING

Praktik yang sebenernya ada di sini sih. Seberapa OK kita dapat berkomunikasi dalam bahasa inggris. Nah, di duolingo kita bisa banget belajar mengucapkan kata yang benar, karena di exercisenya, kita bisa berbicara dan langsung dikoreksi pengucapannya.

Oke. Gue akan membuat minimal satu rekaman dalam bahasa inggris yang akan gue post dan share di akun media sosial gue. Bisa berupa lagu, bisa juga puisi atau cerita.

DEAL? Semuanya, DEAL?

DEAL!

Action plan ini akan gue laksanakan mulai minggu depan dan akan gue abadikan keberhasilan setiap pengerjaannya. Lewat foto, lewat postingan di berbagai akun, lewat memori gue.

FIGHTING FOR RESOLUTION NUMBER SIX!

Leave a Reply

