Aku juga kecewa

Aku akan berbicara… masih mengenai hal klasik yang sekarang menjadi beban pikiran dan pundakku. Berelasi. Berkomitmen. Tujuan. Bertahan.

Aku adalah seorang pemimpin, meski aku bertanya-tanya, sudah pantaskah aku? Pantaskah aku memimpin lebih dari 50 kepala yang aku sendiri pun tak tahu apa isinya? Pantaskah aku, Amelia yang berhati lemah diberi kepercayaan sebesar ini?

Aku tak pernah lupa bertanya kepada diri sendiri. Sudahkah aku membuat semuanya puas? Sudahkah aku mebuat semuanya mencapai apa yang diinginkan? Sudahkah aku baik di mata mereka? Aku harus bagaimana?

Aku tidak pernah menyalahkan siapapun kecuali diriku sendiri yang tak mampu berperan dengan baik. Emang jadi pemimpin segampang makan mochi keju dari sukabumi? Tinggal gigit terus telen?

Posisikan diri Anda sebagai diriku yang berperan besar.

Pantaskah Anda mendapat tuntutan sebesar itu untuk memajukan organisasi/kumpulan/ apapun itu tanpa bantuan orang lain? Anda dipaksa kerja rodi, teman-teman. Yang lain ngga peduli, yag lain angkat tangan. Yang lain kecewa pada Anda selaku pemimpin.

Pemimpin ada bukan untuk kerja rodi. Dia punya teman-temannya untuk sama-sama berjalan di atas gundukan gelas pecah hingga mencapai tujuan. Bersama-sama, bukan sendiri. Pemimpin hayalah seonggok TV kabel tanpa listrik yang ngga akan bisa berfungsi kalau ngga ada yang support. 

Lalu Anda yang secara struktur bukan berperan sebagai pemimpin bilang kecewa?

Apa rasanya pemimpin Anda?

Lebih kecewa. Lebih ingin bunuh diri. Lebih frustrasi dibanding kamu yang belum berperan sebagai pemimpin. Makanya, ngga pantas lah egois.

2 thoughts on “Aku juga kecewa

  1. S says:

    Idk what community you talking about on this post but I guess it’s one of organization in your uni. Broadcast thingy, maybe (maap kalo sotoy)… I’m no one but personally I know the feeling being disappointed and ignored. Just do your best and don’t give up easily. The experience being a leader is gold, but do in a good way. Be a wise leader, don’t be the bossy one. I bet it will (and gonna) be useful someday. Try your best, Amel. Semangat!!

Leave a Reply

