[Moment] Plotting KKNM 2016

around-flowers

Source: Here.

Gue tergerak untuk menulis kisah klasik yang agak menyebalkan ini dan ya… ini kisah gue, ditambah kisah Agen A dan Agen Ay ketika: plotting KKN.

Kami sudah tiba di selasar Fisip jam setengah 12, 30 menit sebelum plotting kkn dibuka. Grup kelas sudah ribut, membuat kami semakin dirudungi rasa deg-degan yang masih bisa diatasi oleh kata, “Ah yaudahlah mana aja. Yang penting sih anak-anaknya bisa sama-sama kooperatif.”

Faktanya….

Tepat pukul 12:00, di tanggal 22 mei 2016, gue membuka dan melihat-lihat desa mana yang akan gue pilih dengan pertimbangan jumlah lelaki dan perempuannya. Sambil mikir beberapa detik (dan ini agak membuat gue menyesal haha), gue masih menimbang-nimbang…

Akhirnya, masih dengan rasa yang sangat dag dig dug, gue meng-klik salah satu nama desa di jajaran Kabupaten Purwakarta. Dan… ini yang membuat gue menyesal ketika… nama yang gue klik sudah penuh. Ya. dengan tulisan berwarna merah.

Panik, gue dan Agen A serta Agen Ay sudah mulai gelagapan. Sambil klik nama desa lain, kami bersama berkata sambil ngakak, “Anjir penuh!”, “Sialan penuh lagi!”, “Anjir, anjir!”

Dan akhirnya… kami menyadari bahwa persaingan itu ketat dan dibutuhkan perjuangan yang sangat, effort yang besar… dan kesiapan yang matang.

Masih deg degan sambil pilih-pilih desa (kebanyakan sudah penuh), akhirnya ada desa yang di sana muncul bulatan memutar tanda buffering. Masih sambil bingung, kami berempat tengok-tengokan,

“Ini gimana?”

“Gue udah ngeklik, terus muter-muter, terus tadi gue klik lagi.”

“Gue juga udah beberapa kali nih.”

“Jadi ini gimana?”

“Udah jangan diklik lagi. Kata temen gue juga dia plotting terus baru dapet desanya itu setengah jam kemudian.”

“Jadi ini gue ngga usah ngeklik lagi kan?”

(Grup Psikopad13 ribut, membuat kami bertiga ngakak karena banyak yang frustrasi dan kebingungan)

“Iya ngga usah. Kalo kata gue sih sebenernya kita udah masuk kan, di sananya udah terdaftar tapi tuh loading di sininya.”

“Iya, gitu sih.”

“Coba cek pake browser lain deh.”

Sambil menunggu, disertai rasa deg degan, sambil refresh browser lain berulang kali dengan harapan keputusan desa mana yang akan kami tinggali selama sebulan, sambil ngakak…. sambil menenangkan diri…

Akhirnya, nama desa muncul juga!

Pertama gue dulu di Subang, lalu Agen A juga di Subang, dan terakhir Agen Ay di Indramayu. Seketika gue dan Agen A senang, karena dapat kabupaten yang sama, dan dengan ngakaknya kami menghibur hati Agen Ay yang dapat Indramayu sendirian. Sampai jumpa dengan panasnya Indramayu, Ay!

Tapi emang dasar cewek, emang dasar manusia.. beberapa menit kemudian setelah kelegaan yang sangat ketika akhirnya nama Desa keluar, kami pun ngoceh lagi.

“Anjirlah ngga dapet Purwakarta.”

“Anjirlah gue tuh udah ngeklik di detik kedua ya.”

“Anjirlah gue nyesel tadi ngekliknya mikir-mikir.”

“HAHAHA” Kemudian kami ngakak lagi dan memutuskan untuk menyudahi ini semua.

Dan ya, sekarang gue sudah mendapatkan Desa di mana gue akan berjuang selama sebulan dengan 19 orang lainnya.. Gue sudah merasa lega dan senang karena sejauh ini teman-temannya bisa diajak bercanda, membuat gue tidak sabar ingin segera KKN.

Oh, sebelumnya, tips ini mungkin akan sangat berguna buat kamu yang baru mau plotting KKN.

  1. Siapkan internet dengan koneksi yang lancar.

  2. Jangan pake mikir. Ketika nama Desa sudah keluar, klik aja di manapun yang kamu lihat sesuai dengan Kabupaten mana yang menurutmu menguntungkan. Boleh sih cari referensi dulu, tapi buat gue dan Agen A serta Agen Ay itu sangat tidak berimpact sama sekali. Kenyataannya… dari list yang sudah kami buat, Desa yang kami dapati tidak ada yang sesuai dengan yang ada di list kami. Se-random itu loh.

  3. Persiapkan diri untuk kemungkinan terburuk, karena pada dasarnya, di manapun kamu akan turun, di situlah yang membutuhkan kamu. Motivasi diri kamu untuk benar-benar melakukan pengabdian! Siap-siap PDKT-in yang lain juga biar sesusah apapun kamu di sana, kamu bisa tetep sama-sama berjuang karena sudah memiliki kedekatan satu sama lain.

Finally! Cukup sekian tulisan gue kali ini. Selamat KKN, teman-teman!

 

Leave a Reply

