KKNM Day 2

Yeah! Hari ke-2 dan semua sudah lumayan terorganisir. Baru jadwal piket bersih-bersih sekaligus masak, sih. haha.

Yeah dan hari ini, 21 juli 2016 sudah hampir berakhir dan saaangat menyenangkan! Zerius! Jadi, tadi pagi kita, untuk yang pertama kalinya berinteraksi dengan masyarakat lewat satu program kerja yang pada awalnya membuat gue bingung. Ralat. Mungkin semua bingung.

Kami dilibatkan oleh pemerintah setempat untuk melakukan penyuluhan Keluarga Berencana (KB) ke warga di Desa Sukamandi Jaya. Tujuan dari penyuluhan ini tentu saja untuk menghimbau masyarakat setempat untuk melaksanakan program Keluarga Berencana (KB) demi menahan pola perkembangan penduduk.

Di sini, kami ber-18 orang (dikurangi tiga orang yang piket menjaga rumah), dibagi ke dalam empat kelompok. Kami perkelompok yang terdiri atas mahasiswa Unpad yang sedang KKN dan aktivis desa, berpencar ke dalam empat RT di Dusun Jurutilu. Dusun Jurutilu sendiri merupakan salah satu Dusun di Desa Sukamandi Jaya yang rencananya akan dijadikan kampung Keluarga Berencana.

Gue, bersama ketiga teman KKN gue bernama Ulwan Si Pak Rete (alias koordinator kelompok KKNM Sukamandi Jaya), Vira Si Bu Dokter, dan Uci-chan Si Kakak Jepang ikut ke dalam kelompok khusus untuk memberikan penyuluhan di RT 09, kalau ngga salah.

Kami satu tim berjalan ke jalan Desa, dan kesasar sekali, karena Ibu yang mengarahkan kami lupa jalan haha. Dan hingga detik itu gue pribadi masih bingung kita akan ngapain, padahal sebelum berangkat kami semua sudah dibriefing wk.

Nah, sampai ke rumah Pak RT gue baru sadar bahwa kita akan melakukan sosialisai ke warga (khususnya Ibu-ibu yang telah menikah, pf course, dan sudah memiliki anak) untuk melakukan program Keluarga Berencana (KB) sesuai yang gue bilang tadi. Jenis kontrasepsi atau alat yang digunakan adalah jenis implan.

Alat KB

Ini dia jenis-jenis alat kontrasepsi.

Implan

Ini dia penjelasan dari jenis alat kontrasepsi yang secara spesifik dijelaskan ke warga. Karena gue tidak tahu bagaimana menjelaskannya, maka gue memberikan foto dari buku panduan kontrasepsi ini.

Kondisi saat penyuluhan

Kondisi saat penyuluhan. Rata-rata yang datang memang ibu-ibu ysng membawana anak kecilnya.

Dan yeah! Ini pertama kalinya kami melakukan interaksi secara formal dengan warga, dan itu sangat menyenangkan. Dari sini gue mendapatkan lagi satu pengetahuan baru terkait masa depan. Iya benar. Terkait alat kontrasepsi yang bisa menjadi pilihan gue dan suami nanti HAHAHA.

Lanjut…

Setelah selesai penyuluhan yang banyak diiringi candaan dewasa yang kata salah satu Ibu di tim kami, “Emang gini De, kalau penyuluhan KB mah ngomongnya pasti jorok.” yang gue jawab dengan tertawa, kami Geng KKNM Sukamandi Jaya membantu mendata ibu-ibu untuk kemudian dipakaikan KB jenis implan ini.

Selanjutnya, selesai penyuluhan dan pendataan, kami kembali ke tempat berkumpul pertama sebelum berangkat yang sejuurnya gue ngga tahu itu rumah siapa haha. Dan di sana kami disambut dengan satur asam dan ikan entahlah namanya apa pokokya enak wk._.

IYAAAA. Kami makan siang dengan nikmatnya bersama-sama. Selesai makan, sambil menunggu jemputan odong-odong, kami ngobrol-ngobrol gitu seakan sibuk dan tenggelam dalam informasi yang didapatkan sendiri.

Setelah itu, kami pulang dan berbagi cerita dengan geng yang piket, dan kami ngakak. Terus main kartu. Dan udah. Malamnya rapat.

Such a nice day, walaupun ditemani keluhan akan terik yang menyengat.. FYI, Subang begitu panas, tjoy! Dan yeah, gue sangat menikmati kehidupan gue di sini.

Testimony(ey):

penyuluhan KB_2997

Selfie di odong-odong.

penyuluhan KB_6390

Suasana saat penyuluhan.

penyuluhan KB_5676

Ini saat briefing.

penyuluhan KB_6514

Yes. Dia ini salah satu –satu-satunya- orang dengan nominasi ter-asyik-dibully di Geng kami. Gimana ngga asyik dibully lah kelakuan begitu ya? ._.

Mau tahu kisah KKNM gue lainnya?

Check!

Day 1. Day 3. Day 4. Day 5. Day 6. Day 7. Day 8. Day 9.  Day 10. Day 11. Day 12.

Day 13. Day 14. Day 15. Day 16. Day 17.  Day 18. Day 19. Day 20. Day 21. Day 22.

Day 23. Day 24. Day 25. Day 26. Day 27. Day 28. Day 29. Day 30.

Leave a Reply

