INTERNSHIP STORY: DAY 2 – I HAVE MY OWN DESK

Hallo everybadeh!

Hari ini sudah hari kedua saya magang di dunia yang sebenarnya tidak baru-baru amat bagi saya. Semenjak menjadi bagian dari Radio Mahasiswa Unpad, saya sudah belajar banyak bagaimana menjadi penyiar yang baik, wabil khusus bagaimana menulis skrip program (ditambah praktik langsung memegang program), apalagi iklim dunia kepenyiaran.

Namun itu belum cukup untuk membawa saya mejadi produser sekaligus penulis skrip yang baik, melihat talenta saya hanya bergerak sesuka saya, tanpa pengawasan sebelumnya.

Dan di sini, saya belajar banyak.

Hari pertama, saya tanpa instruksi apapun diberi tugas untuk membuat empat berita. Yang terlintas dalam pikiran saya kemudian adalah.. Oh, berita berarti artikel. Lebih dari dua paragraf, dengan bahasa yang super formal.

Saya akhirnya membuat berita sesuai dengan yang saya pahami.

Setelah dilihat oleh Supervisor saya, segera saja saya diberi feedback. Dari empat berita tulisan yang saya buat, hanya satu yang dianggap sebagai berita.

Oke. Disitu saya belajar, bahwa berita

“bukan sekedar informasi yang bisa dinikmati oleh kalangan tertentu (apalagi yang menyukainya) saja, tapi berita merupakan suatu informasi yang bisa ditangkap dan dianggap penting untuk berbagai kalangan. Bisa dinikmati bukan hanya yang menyukai bagian tertentu saja.”

Berita itu bukan tentang cara ampuh mengatasi selulit, cara praktis memakai eyeliner, pun review produk apapun. Itu informasi, bukan berita. Berita itu sesuatu yang faktual terjadi, dan dapat dimengerti orang lain segera setelah membaca.

Hari pertama saya juga diajarkan mengenai pentingnya SPOK (subjek, predikat, objek, keterangan) dalam menulis berita, sehingga semuanya jelas dan dapat dipahami oleh orang lain.

Saya juga belajar untuk menulis berita yang bisa didengar, bukan hanya dibaca. Yaa.. karena ini radio, bukan koran ya… Jadi ternyata sangat berbeda antara bahasa koran dan bahasa radio.

Nah, di hari kedua ini, saya naik level dalam dunia kepenulisan berita.

Saya diminta untuk menulis lima berita dengan berbagai kategori. Dari lima berita yang saya buat hingga sempurna, saya membutuhkan tiga kali revisi dan itu… omaygat sulit, sih. Karena saya harus memosisikan diri sebagai orang yang membacakan berita. Iyaaa. Tidak hanya konten yang padat berisi namun singkat, di sini seorang penulis berita wajib membuat berita yang enak di dengar.

Bahkan hal terkecil seperti peletakkan jeda, tanda titik dan koma pun bisa jadi suatu perbaikan. Sangat detail. Ya. Ini yang saya pelajari di hari kedua, di mana detil itu sangat perlu. Menjadi perfeksionis dalam dunia kerja itu perlu untuk memberikan suatu yang terbaik bagi pendengar.

Iya. Saya belajar untk lebih teliti, dan harapanya sih bisa kebawa sampai skripsi, pun sampai saya bekerja nanti. I’m such a hard worker, actually. Pada dasarnya saya itu ambisius dan… a little bit perfectionist, hanya saja… saking santainya… itu dia!

Lalu… saya juga diajarkkan untuk dapat memilih berita dengan cerdas, tidak asal-asalan. Berita itu bukan hanya sesuatu yang ingin kita ungkapkan. Namun juga sesuatu yang harus dipertanggungjawabkan. Jangan bawa hal-hal sensitif seperti nama agama, ras, suku, dalam menulis sebuah berita. Sebagai pemberi informasi, kita harus bisa bersikap netral. Dan itu tantangannya.

Di hari kedua, tugas saya pun bertambah. Saya diberi kesempatan untuk mengenal satu program malam yang dari dulu saya suka!

Nama program ini adalah Night Talk, yang isinya seputar percintaan. Wow, saya banget kan? Iya. Bahasan saya di blog ngga jauh dari percintaan, memang. Saya diberikan tantangan untuk menulis skrip program ini dengan tema yang sudah didiskusikan sebelumnya dengan supervisor saya, untuk nantinya dilihat seberapa siap saya menjadi script writer!

Wow! Can’t waiiittt!!!

Dan terakhir.. yang paling happy lagi. Di hari kedua ini saya sudah punya meja kerja sendiri yeeeaayyy! Im so exciteeeddd! Berasa kerja beneran walaupun mejanya masih kotor dan berantakan karena tidak digunakan untuk waktu yang lama. Hi. Serem ugak wwkwk.

Pokoe hari kedua ini super happy dan excited abiessss ❤

Leave a Reply

